Senin, 09 Januari 2012

Ciri-ciri, Unsur dan Teori Organisasi

Ciri – ciri Organisasi
           Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan, kita tidak lepas dari organisasi. Di mulai dari lingkungan yang sederhana dari keluarga, hingga struktur yang rumit seperti organisasi pemerintahan.
Adapun ciri-ciri organisasi:
- Mempunyai tujuan & sasaran
- Mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya kerja sama dari sekelompok orang
- Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang

Unsur – unsur Organisasi
           Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:
- Proses kerja sama
Suatu organisasi, selain merupakan tempat kerja sama juga merupakan proses kerja sama. Jika kerja sama tersebut dilakukan dengan banyak orang, maka organisasi itu harus disusun lebih sempurna. Dengan kata lain proses kerja sama dilakukan dalam suatu organisasi untuk dilaksanakan dengan lebih baik.
- Sebagai wadah atau tempat bekerja sama
Organisasi merupakan suatu tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Tanpa adanya organisasi, orang-orang tidak dapat mencapai tujuan mereka dengan mudah., sebab belum tentu setiap orang mengetahui bagaimana cara bekerja sama tersebut dilakukan. Secara abstrak, tempat ini berarti menampung atau mewadahi keinginan bekerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan.

Teori Organisasi
           Teori Organisasi muncul pada abad 19 yang dilatar belakangi oleh revolusi Inggris dan kelahiran perusahaan raksasa yang ada di Amerika Serikat.

Teori Klasik
          Teori organisasi klasik disebut juga, antara lain: teori organisasi spesialisasi, teori formalisma, teori struktur (the stucture theory of organization). Muncul untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi.

0 komentar: