Sabtu, 21 April 2012

Bahasa Indonesia 2 (Tugas 2)


KOMPUTER DAN MASYARAKAT
BAHASA INDONESIA 2
TUGAS KELOMPOK 
OKTORA ADITIA TEDJA         (NPM. 1A111219)
 INNU DESKORO MUKTI        (NPM.  1A111304)
DONNY FAHREZA                   (NPM. 1A111190)



 BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Komputer adalah sebuah mesin elektronik yang secara cepat menerima data masukan digital dan mengolah informasi tersebut menggunakan seperangkat instruksi yang tersimpan didalamnya dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah.
Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang hidup dan bekerjasama untuk mencapai keinginan-keinginan mereka bersama. Dewasa ini penggunaan komputer banyak mempengaruhi cara kerja, cara berinteraksi maupun cara hidup manusia dalam bermasyarakat. Komputer tersebar luas disemua tempat dan secara virtual mempengaruhi setiap aspek kehidupan dunia. Dengan komputer, manusia juga bisa menggunakan fasilitas internet yang tidak lagi terbatas oleh jarak dan waktu. Kedua komponen ini sangat mempermudah setiap kegiatan manusia yang memerlukan suatu alat pengolah data, penyimpanan data, pemindahan data dan mengontrol data.
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer yang luas dan besar, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Populasi internet telah mengubah cara hidup kita berkomunikasi, mendapatkan informasi, dan pergi ke sekolah. Pengaruh internet telah menyentuh banyak aspek karena gagasan dan informasi dapat dibagikan dengan mudah diseluruh penjuru dunia.
Dalam keterkaitannya dengan penyebarluasan penguunaan komputer, kita perlu memahami bagaimana komputer berfungsi dan bagaimana menggunakan komputer dengan aman. Penggunaan aplikasi untuk komputer selalu bergerak meningkat. Efeknya terhadap masyarakat akan terus berlanjut dan makin banyak orang mendapatkan akses ke komputer melalui.

1.2. Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dari penulisan ini adalah untuk menjelaskan tentang sistem dalam komputer, bagaimana proses penyebarannya dalam masyarakat, serta prediksi penggunaan komputer dalam bidang perbankan, transportasi, pendidikan, dan teknologi informasi.
Sedangkan tujuan dari penulisan ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia 2 (dua) yang memaparkan prediksi kelompok tentang penggunaan komputer dan dampaknya terhadap tenaga kerja.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Sistem Komputer
2.1.1. Input
Input adalah data masukan yang membutuhkan tindakan atau instruksi di dalam komputer. Data adalah kumpulan fakta dan gambar yang belum diproses, seperti nama dan alamat, atau item yang sudah dibeli. Beberapa contoh peralatan input adalah keyboard, microphone, pen digital, dan mouse.
2.1.2. Proses
Proses adalah keadaan ketika sebuah program sedang di eksekusi. Saat komputer berjalan, terdapat banyak proses yang berjalan secara bersamaan.  Ketika sebuah proses dibuat maka proses tersebut dapat memperoleh sumber-daya seperti waktu CPU, memori, berkas, atau perangkat I/O. Sumber daya ini dapat diperoleh langsung dari sistem operasi, dari proses induk yang membagi-bagikan sumber daya kepada setiap proses turunannnya, atau proses turunan dan proses induk berbagi sumber-daya yang diberikan sistem operasi.
2.1.3. Output
Output dikenal juga sebagai hasil dari pemrosesan atau sebuah proses. Output harus dilaporkan kepada pengguna dengan menggunakan beberapa cara. Monitor dan printer adalah contoh perangkat output.
2.2. Penyebaran Komputer
Komputer digital pertama yang dikenal masyarakat, dengan ukuran dan biaya yang besar, sebagian besar mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal berasal dari Amerika Serikat semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal).
CSIR Mk I, komputer pertama dikenal oleh masyarakat Australia, digunakan untuk mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan hidroelektrik besar. Yang lainnya juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data  dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia. Misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris.
Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Saat abad kedua puluh satu dimulai, penggunaan komputer sudah mulai ditemukan pada masyarakat dunia, penyebarannya begitu pesat, bermunculan ahli-ahli di bidang komputer yang meregenerasikan pengetahuannya kepada anak usia sekolah.

2.3. Dampak Komputer Di Berbagai Bidang
1. Bisnis dan Pemerintah
Semua jenis organisasi menggunakan komputer secara ekstensif untuk mengelola komunikasi, keuangan dan proyek.
2. Pendidikan
Penggunaan komputer dan internet sekarang tidak terbatas pada siswa. Komputer dan internet juga mempengaruhi pendidikan ditingkat lebih tinggi, dimana siswa dapat mengikuti pelajaran secara online.
3. Kesehatan
Bidang kesehatan menggunakan komputer sebagai alat untuk mendiagnosis dan memberikan treatment (pengobatan).
4. Militer
Banyak Negara maju yang sudah mengandalkan teknologi tinggi untuk meningkatkan efektifitas dan keamanan tentara mereka.
5. Transportasi
Bagi industri transportasi saat ini, komputer memberikan memberikan kemampuan untuk mengelola fleet (iring – iringan kendaraan/armada) kendaraan mereka dengan melacak lokasi dan penggunaan kendaraan, untuk membantu memelihara dan mengefisiensikan operasi mesin, untuk mengontrol lalu lintas, dan untuk melakukan reservasi.
6. Hiburan
Orang menggunakan komputer untuk hiburan maupun bekerja. Mereka dapat menggunakan komputer untuk mensimulasi permainan bagi para pemain yang berada dimanapun di dunia.



2.4. Prediksi Penggunaan Komputer
2.4.1. Bidang perbankan
Penggunaan komputer di bidang perbankan akan terus berkembang, setelah muncul ATM kini ada internet banking yang lebih memudahkan pengguna dalam hal transfer uang, selain itu ada pula sms banking yang bisa digunakan tanpa adanya sambungan internet. Dengan itu para nasabah bisa dengan mudah bertransaksi dengan bank yang bersangkutan.
2.4.2. Bidang transportasi
Pada bidang transportasi, penggunaan komputer banyak digunakan terutama kereta dan pesawat terbang. Biasanya digunakan untuk pengaturan jadwal dan sistem pemesanan tiket. Dengan bantuan komputer pemesanan tiket dan pengaturan jadwal menjadi lebih cepat dan tepat.
      2.4.3.  Bidang pendidikan
Bantuan komputer pada bidang pendidikan beraneka ragam, misalnya komputer yang dipakai untuk keperluan belajar mengajar oleh guru atau dosen, ada pula aplikasi-aplikasi interakitf yang dipakai untuk membantu siswa lebih memahami pelajaran dan internet yang memudahkan siswa untuk mencari materi dan melakukan pembelajaran jarak jauh.
2.4.4. Bidang teknologi informasi
Penggunaan komputer pada bidang teknologi informasi (IT) sangat diperlukan agar mempermudah dan mempercepat dalam pengaksesan data yang ada.       



BAB III
PENUTUP

3.1.  Kesimpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang dipaparkan pada bab-bab sebelumnya, penulis mencoba memberikan kesimpulan mengenai dampak penggunaan komputer terhadap berbagai bidang tenaga kerja di masa depan, antara lain:
1.   Seluruh bidang pekerjaan akan lebih mudah dan cepat jika dilakukan oleh komputer disbanding dengan manusia dalam hal kemampuan kecepatan berhitung, serta mengingat dan menyimpan banyak data;
2.   Penyebaran informasi yang sebelumnya menggunakan tenaga kurir, akan lebih efisien jika menggunakan komputer melalui internet;
3.   Dampak buruk yang pertama kali terlihat pengaruhnya pada tenaga kerja saat semua bidang pekerjaan mampu dioperasikan oleh komputer yaitu akan berkurangnya pemakaian tenaga kerja manusia;
4.   Semua kegiatan pekerjaan akan bergantung pada tenaga listrik, yang akan berakibat pada penggunaan listrik nasional dan konsumsi bahan bakar minyak yang meningkat;
5.   Menurunnya kemampuan otak manusia apabila semua pengolahan data memanfaatkan teknologi komputer.

0 komentar: